Terpopuler:

Senapan Angin Terbaik di Indonesia Saat Ini

15 Juni 2017 - Kategori Blog





Senapan angin terbaik di Indonesia sudah sangat mudah untuk kita jumpai saat ini. Para pecinta olahraga tembak, baik untuk perlombaan ataupun untuk berburu pastinya telah mengenal dekat dengan senjata ini. Ya, senapan angin merupakan senjata andalan para pemburu dalam menangkap hewan buruannya. Lain halnya jika digunakan dalam perlombaan menembak, mereka menggunakan senapan hanya untuk menembak sasaran benda mati (target) untuk mendapatkan point saja. Namun, apapun bentuk sasarannya, olahraga ini menjadi semakin trend di kalangan masyarakat Indonesia.
Dalam hal berburu, senapan seringkali digunakan sebagai senjata utama. Hal itu dikarenakan, senjata ini memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan senjata lainnya. Diantaranya adalah, untuk menembak sasaran dalam jarak yang cukup jauh yakni sekitar 100m. Adapun kelebihan lainnya tentu saja dapat membunuh hewan buruan dalam seketika.

Jenis-jenis Senapan Angin Terbaik di Indonesia

Dalam perkembangannya, senapan angin di Indonesia menjadi salah satu senjata yang paling diminati oleh para pemburu. Selain dari tingkat kemudahan dalam melakukan modifikasi pada spesifikasinya, bentuknya pun dapat mengikuti perkembangan model senapan yang beredar di pasaran. Hal ini dikarenakan para pengrajinnya yang secara terus-menerus mengikuti perkembangan terhadap model senapan terbaru. Adapun jenis-jenis senapan angin terbaik di Indonesia saat ini dapat Anda ketahui sebagai berikut.

  1. Senapan Angin Pegas

Ini merupakan senapan angin pertama yang sangat dikenal oleh masyarakat. Senapan jenis ini adalah yang paling sering digunakan untuk melakukan perburuan di hutan. Cara kerja senapan pegas hampir sama dengan senapan api pada umumnya. Pegas menjadi bagian sentral pada senapan jenis ini, dimana pegas digunakan sebagai komponen utama untuk mendorong kompresi udara keluar dari senapan, sehingga mimis (peluru) terdorong keluar dari larasnya. Contoh senapan jenis pegas ini diantaranya adalah merek Diana jenis patah loop. Senapan jenis pegas sangat cocok untuk berburu burung dalam jarak yang tidak begitu jauh.

Senapan Pegas (Per)

Senapan Pegas (Per)

  1. Senapan PCP (Gas)

Senapan PCP (Pre-Charged Pneumatic) merupakan senapan terfavorit dan menjadi salah satu jenis senapan angin terbaik di Indonesia saat ini. Kemudahan dalam menggunakannya menjadi salah satu alasan, mengapa senapan PCP (gas) menjadi yang terfavorit dan terbaik. Selain itu, power yang dihasilkan dalam melesatkan sebuah mimis (peluru) juga sangat luar biasa kekuatannya. Rata-rata kecepatan peluru saat ditembakan dari senapan PCP adalah sekitar 1000fps bahkan lebih.

Senapan PCP (Gas)

Senapan PCP (Gas)

Banyak pemburu proffesional memilih senapan ini karena kelebihannya. Senapan ini berbeda dengan senapan angin lainnya, senapan PCP mampu menembus jarak tembak sekitar 50 hingga 100 meter. Daya tampung gas di dalam tabungnya bisa mencapai hingga 5000 psi, sehingga tidak heran jika power kecepatan mimis bisa menembus kulit hewan yang tebal sekalipun.

  1. Senapan Angin Gejluk

Senapan gejluk termasuk juga kedalam jenis senapan PCP, namun yang membedakannya adalah cara pakainya yang harus dipompa terlebih dahulu sampai angin terkumpul penuh didalam tabung penampungan, hingga bisa ditembakan dalam beberapa kali tembakan. Senapan ini juga termasuk salah satu idola para pemburu binatang, karena kekuatannya hampir atau bahkan sama dengan senapan PCP (gas). Salah satu contoh senapan jenis ini adalah senapan gejluk pasopati.

Senapan Angin Gejluk Pasopati

Senapan Angin Gejluk Pasopati

  1. Senapan Angin Uklik (Pompa)

Berikutnya adalah senapan uklik (pompa). Senapan pompa menjadi salah satu senapan angin terbaik di Indonesia yang paling laris karena harganya yang tidak terlalu mahal. Di Indonesia sendiri, senapan jenis ulik yang paling terkenal adalah Sharp Innova, Sharp Tiger dan Canon. Dengan banderol yang cukup murah, ketiga merek tersebut menjadi yang terlaris di kelasnya yakni berkisar 200rb rupiah hingga 1 jutaan.

Senapan Uklik (Pompa)

Senapan Uklik (Pompa)

Namun disisi lain, senapan uklik juga memiliki beberapa kelemahan. Diantaranya penggunaannya yang cukup merepotkan saat dibawa berburu. Bayangkan saja, ketika pemburu melihat buruannya secara mendadak, ia harus memompa terlebih dahulu sebelum menembak… apa jadinya jika buruannya terlanjur pergi? Apalagi jarak tembak yang mampu dihasilkan oleh senapan uklik ini maksimal hanya sekitar 30meter saja. Senapan ini sangat cocok untuk hewan buruan kecil seperti burung karena kecepatan yang dihasilkan hanya kurang dari 1000 fps saja. Namun tetap saja, senapan ini tetap menjadi yang terbaik di Indonesia karena unggul dalam masalah harga.

Dari beberapa jenis senapan angin terbaik di Indonesia saat ini, kita dapat menarik kesimpulan bahwa dalam hal memilih senapan, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu tujuan kita dalam memilih senapan terbaik untuk dimiliki. Salah-salah, jika tujuannya untuk berburu babi, pemburu malah memilih senapan jenis uklik untuk menembaknya. Maka dari itu, beberapa jenis senapan terbaik yang telah disebutkan di atas diharapkan mampu memberikan pengetahuan bagi kita semua.

, , , , , ,

Comments are closed.